Profil

Kondisi Sosial



Kondisi Sosial Desa

 

Berdasarkan Pendataan dan Pelaporan Kependudukan pada Bulan Desember 2014, Jumlah Penduduk Desa Sanur Kaja sebanyak 8.050 Jiwa yang terdiri dari Laki-laki 4.272 Jiwa, Perempuan 3.985 Jiwa. Jumlah Penduduk menurut agama atau Penghayat terhadap Tuhan Yang Maha Esa terdiri dari Agama Hindu 5.243 jiwa, Agama Islam 2.432 jiwa, Agama Kristen Protestan 173 Jiwa, Agama Kristen Katolik 366 Jiwa , sedangkan yang bergama Budha 73 Jiwa. Jumlah Penduduk berdasarkan tingkat Pendidikan adalah untuk Taman Kanak-Kanak 259 Orang, Sekolah Dasar 270 Orang, SLTP 79 Orang,SLTA 5.293 Orang, Akademik 50 orang dan Sarjana S1 460 orang, S2 64 orang. Jumlah Penduduk menurut mata pencaharian meliputi : Pegawai Negri Sipil dan Pensiunan 163 orang, Pegawai Swasta BUMN 1.747 Orang. Wiraswasta, Pedagang, Buruh 2.540 orang, Jasa/Lain-Lain 6.347 orang. Dalam rangka Menggalang/Meningkatkan Partisipasi masyarakat Desa Sanur Kaja, Kelembagaan yang ada di Desa seperti LPM, PKK, Karang Taruna dan Organisasi umat beragama, lain fungsi dan tugasnya masing-masing dimaksimalkan.

 

Dalam Rangka Pembinaan dan Perawatan kesehatan masyarakat, Pemerintah Telah Mendirikan 1 Buah Puskesmas Denpasar Selatan II dan 1 buah Puskesmas Pembantu, yang telah dilengkapi dengan sarana prasarana medisnya, disamping itu cukup banyak dokter praktek di wilayah Desa Sanur Kaja. Terkait Dengan kesehatan Balita, Desa Sanur Kaja Memiliki 40 orang Kader Posyandu dan 40 orang Kader Bina Keluarga (BKB) Yang secara rutin dan berkala setiap Bulan melakukan Kegiatan Posyandu/Pemantauan Kesehatan Balita di Dusunnya masing-Masing.

 

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat disamping petugas dari kepolisian, Babinkamtimnas, Babinsa juga didukung oleh 31 orang LINMAS, yang setiap malam melakukan tugas penjagaan, demikian pula tidak mengurangi daripada keberadaan tugas dan fungsi pecalang di masing-masing Banjar Pakraman yang ada di Wilayah Desa Sanur Kaja.

 

Pembangunan dibidang Kebudayaan, Khususnya kebudayaan daerah merupakan hal yang tidak memungkinkan dapat dipisahkan dengan adat istiadat UmatHindu pada umumnya, yang walaupun dengan keanekaragaman umat beragama yang ada di Desa Sanur Kaja telah dibentuk Sekaa Santhi sebanyak 7 Sekaa gong/tabuh 8, sanggar tari termasuk sanggar tari tradisional 5 yang tersebar di wilayah Dusun/Banjar yang ada di Desa Sanur Kaja.


Video
No Video.
Facebook
Twitter