Penyuluh Bahasa Bali Provinsi Bali di Kecamatan Denpasar Selatan melaksanakan Konservasi Lontar milik warga di Desa Sanur Kaja

  • 16 Juni 2021
  • Oleh: Daniel Pramana
  • Dibaca: 67 Pengunjung

Anggara (16/3) Penyuluh Bahasa Bali Provinsi Bali di Kecamatan Denpasar Selatan melaksanakan Konservasi Lontar milik warga di Desa Sanur Kaja.

Konservasi Lontar milik bapak Drs. I Wayan Sardjana yang merupakan warga Br. Tegal Asah, Desa Sanur Kaja ini dilaksanakan mulai hari ini, Selasa, 16 Maret 2021 yang rencananya akan dilaksanakan dalam sepekan ini, mengingat lontar yang dimiliki berjumlah kurang lebih 20 naskah berkondisi baik dan puluhan yg kondisinya rusak. Lontar yang dimiliki oleh Keluarga Besar Kumpi Sabang ini, disimpan di Gedong Penyimpenan Suci. Dalam pelaksnaan konservasi ini, Penyuluh Bahasa Bali juga mengedukasi keluarga besar pemilik dalam melaksanakan konservasi, agar kedepannya, pemilik dapat merawat lontarnya sendiri.

Ciri khas lontar disini adalah lontar dikulitnya berisi tempurung penyu (pendok). Ditemukan lontar yg berangka tahun 1922 masehi yang tergolong jenis parwa. Besar harapan dari para Penyuluh Bahasa Bali khususnya yang bertugas di Desa/Kelurahan se-Kecamatan Denpasar Selatan agar para warga yang memiliki naskah lontar untuk tetap memelihara naskah lontar yang dimiliki. Dengan demikian, naskah-naskah lontar yang telah diwariskan oleh "panglingsir" keluarga, tidak akan punah.

Pemilik mengucapkan terimakasih kepada pemerintah provinsi bali telah mangadakan penyuluh bahasa bali yang dapat membantu masyarakat pemilik lontar untuk mengkonservasi naskag lontar dan memberikan edukasi kepada pemilik agar naskah lontar yg dimiliki oleh masyarakat dapat lestari.

#sanurkaja #desainspirasi


  • 16 Juni 2021
  • Oleh: Daniel Pramana
  • Dibaca: 67 Pengunjung

video Terkait Lainnya

I Made Sudana

Apakah Informasi yang tersaji pada Website sanur kaja?